Rabu, 28 Januari 2009

JENIS-JENIS DOMAIN



Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Top Level Domain Name (TLD)

1. (.com)
• Com (commercial): digunakan untuk bidang bisnis
2. (.edu)
• Edu (education): digunakan untuk bidang pendidikan/perguruan tinggi.
3. (.net)
• Net (network): digunakan untuk perusahaan yang bergerak dibidang penyelenggara jasa koneksi Internet (ISP = Internet Service Provider).
4. (.org)
• Org (organization): digunakan untuk badan sosial atau organisasi nirlaba
5. (.mil)
• Mil (military): digunakan untuk organisasi kemiliteran.
6. (.gov)
• Gov (government): digunakan untuk pemerintahan.
7. (.biz)
• Digunakan untuk bidang bisnis pada umumnya. Mungkin untuk menggantikan .com yang sudah jenuh dan banyak digunakan di Internet.
8. (.info)
• Tidak ada ketentuan. Bisa digunakan oleh siapa saja.
9. (.name)
• Digunakan untuk perorangan atau pribadi.
10. (.museum)
• Digunakan untuk situs web museum
11. (.coop)
• Digunakan untuk bidang jasa koperasi.
12. (.aero)
• Digunakan untuk bidang industri trasnportasi udara.
13. (.pro)
• Hanya digunakan untuk bidang-bidang profesionalisme, seperti dokter, pengacara dll.


Country Code Top Level Domain (ccTLD)
Jenis Domain : AC.ID
Pengguna : Lembaga pendidikan yang sedikitnya memiliki program Diploma 1 tahun (D1), dan beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku. Termasuk di dalamnya perguruan tinggi yang bukan di bawah naungan Ditjen Dikti Depdikbud, seperti IAIN, Akademi Departemen, dan lain sebagainya.

Jenis Domain : SCH.ID
Pengguna : Sekolah (TK, SD, SMTP, SMU, SMK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah) serta lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan PLSM Diknas, seperti lembaga kursus dan sejenis.

Jenis Domain : CO.ID
Pengguna : Badan usaha yang mempunyai badan hukum sah serta memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau firma yang memiliki akte serta izin usaha yang terkait.

Jenis Domain : GO.ID
Pengguna : Khusus Lembaga milik Pemerintah Republik Indonesia.

Jenis Domain : MIL.ID
Pengguna : Khusus Lembaga dalam jajaran militer Republik Indonesia.

Jenis Domain : NET.ID
Pengguna : Khusus perusahaan penyelenggara yang memiliki pelanggan eksternal dan bukan merupakan anggota organisasi tersebut. Perusahaan harus merupakan badan hukum sah yang memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau Firma yang memiliki akte serta izin usaha yang terkait.

Jenis Domain : OR.ID
Pengguna : Untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dalam kategori DTD lainnya seperti “AC.ID”, “CO.ID”, “GO.ID”, “MIL.ID”, “NET.ID”, dan lain-lain.

Jenis Domain : WEB.ID
Pengguna : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.


0 komentar: